Mengapa Laut Mati Memiliki Daya Apung Yang Besar ?


Nah mungkin sebagian besar temand-temand semua sudah pernah mendengar dengan yang namanya “Laut Mati”. Laut Mati ini adalah sebuah danau yang membujur di daerah antara Israel, Daerah Otoritas Palestina danYordania.Danau ini disebut dengan Danau Laut Mati karena tingkat kandungan garamnya yang sangat tinggi dari seluruh laut yang ada didunia yaitu mencapai 32 % dibandingkan terhadap kadar garam rata-rata 3% pada Laut Mediteranian.Sehingga tidak ada kehidupan ekosistem didalam laut ini yang dapat bertahan meskipun ada sebagian bakteri yang dapat bertahan hidup didalamnya.Laut Mati ini secara geologi terbentuk tiga juta tahun yang lalu ketika timbul retakan kecil pada Jordan Riff Valley dimana air laut masuk dan terkumpul, iklim kering dan evaporasi tinggi meningkatkan konsentrasi mineral dalam air. Garam, kapur dan gypsum terdapat pada sepanjang retakan ini sehingga terbentuklah Danau Laut Mati ini.

Ada hal yang unik dengan Danau Laut Mati ini yaitu karena tingkat garam yang terkandung didalamnya ini sangat tinggi sehingga dapat membuat badan menjadi terapung bila kita menyeburkan diri kedalam air tersebut.Sehingga banyak wisatawan asing yang terpikat untuk mencoba mengapung di Laut Mati ini.Kalo dipikir-pikir aneh juga sich dilaut yang kadar garamnya sangat tinggi bisa membuat bobot manusia yang berat menjadi terapung seperti telur ^_^ .jika bobot manusia yang berat dapat terapung kita dapat menganalisisnya dengan Materi Fluida dalam Gaya Archimedes yaitu badan/benda bisa terapung dikarenakan Massa jenis Fluida yang terkandung dalam air tersebut yaitu garam ,memiliki kadar garamnya sangat tinggi sehingga massa bobot benda atau manusia menjadi kecil karena adanya tekanan dari air garam tersebut,sehingga yang menyebabkan terapung itu adalah bila massa jenis fluidanya > massa jenis benda tersebut..😀

Satu hal lagi Laut Mati memiliki lumpur yang berkhasiat sebagai penghalus kulit. Selain itu, ada beberapa zat mineral berguna lain yang terkandung dalam Laut Mati yaitu:

• Sodium yang dapat meningkatkan permeabilitas yang sangat cocok untuk kulit kering.
• Magnesium dengan konsentrasi 15 kali lebih tinggi dibandingkan dengan laut lainnya. Magnesiummembantu penyembuhan kulit dan menyediakan jaringan permukaan kulit dengan anti alergi dan penting untuk metabolisme sel.
• Potassium yang dapat meningkatkan oksidasi dan mengatur proses elektrikal otot dan sistem saraf serta membantu mengatur kelembaban di kulit.
• Bromida – konsentrasi bromida adalah 50 kali lebih tinggi dari garam biasa. Ini menyebabkan efek yang sangat santai, dan membantu secara alami perbaikan sel kulit.
• Bitumen yang ditemukan dalam jumlah sedikit dan dapat bertindak sebagai zat anti-inflammatory.
• Iodin yang berperan penting pada pembentukan hormon tiroksin, dan juga penting untuk energi dan metabolisme sel.
• Kalsium penting sebagai pertahanan membran sel dan pembersihan pori-pori, yang dibutuhkan juga untuk perbaikan jaringan dibawah kulit.
• Zink yang memainkan peranan dalam regulasi enzim.
• Lumpur Laut Mati membantu kulit kering dengan mengganti elektrolit yang hilang, bisa mengobati beberapa masalah dermatologi seperti eksim, jerawat, rematik, sakit sendi, dan masalah sirkulasi dan saraf. Garam Laut Mati juga bisa bertindak sebagai desinfektan yang bisa mengeluarkan zat berbahaya dari kulit.

sumber dapat di klik disini

10 responses to this post.

  1. Posted by wisnu on Agustus 11, 2011 at 8:14 pm

    bagus tuh artikel nya hehe…………..sipp…………. ^_^

  2. ow ea fb nya mbak apa?

  3. Posted by wennypupita cii Diggy Deluxe on Agustus 12, 2011 at 3:57 pm

    makasih🙂

  4. Posted by wennypupita cii Diggy Deluxe on Agustus 31, 2011 at 1:43 pm

    wennyDlzloverz

  5. Posted by Anonim on Februari 18, 2012 at 2:27 pm

    klau blh tau panjang laut mati itu berapa km ? ,.,.

  6. Posted by Anonim on April 28, 2012 at 9:45 am

    bgus bngt artikelx..:)

  7. Hai.. postingnya bagus.. jadi aku repost yach.. makasih

  8. Posted by Anonim on Oktober 13, 2013 at 1:53 pm

    oke

  9. Posted by abdul khanan on September 2, 2014 at 5:09 am

    Jadi penasaran

  10. Posted by arlyn on Agustus 6, 2015 at 6:34 am

    makasih info.x yahh… tugasQ jdi mudah nheee

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: