Pengalaman Membuat Proyek listrik


Membuat proyek listrik
Nah temen-temen aku mau cerita lagi niehtentang pengalaman dikelas satu dulu tentang tugas membuat proyek listrik individu dan kelompok,yang merupakan tugas terakhir kami dikelas X,yaitu sebelum menghadapi ulangan kanaikan kelas😉
Hmmm…..tugas ini mungkin hanya dirasakan oleh X-1 sampai X-3.Tugas ini mungkin lumayan berat soalnya kami diminta membuat proyek listrik yang aku sendiri juga kurang memahami tentang listrik.Karna kebanyakan laki-laki lebih berpengalaman dengan listrik sedangkan wanita pasti kurang mengerti dengan membuat proyek listrik ini..
Apalagi proyek listrik ini menggunakan alat yang berbahaya seperti solder makanya alat ini harus digunakan dengan hati-hati kalo tidak bisa kena solderan yang panas..:(
Awalnya aku merasa bingung di dalam pikiranku berkata…
“hmm…bagaimana cara buatnya?”
“aduh….aku gak ngerti tentang listrik”
“‘siapa yang bisa bantu aku?”
“kalo gak bisa ngerjakannya bagaimana?pasti gak dapat nilai dari bapak :(”
Selama tugas proyek listrik yang ada dipikiranku hanya itu…Tapi karna rasa takutku itulah yang mendorongku untuk berusaha mengerjakannya dengan semaksimal mungkin.
Waktu itu aku berkelompok dengan ihsan dan Yunita.Pertama kami membeli bahan-bahannya seperti lampu LED,resistor,stripboard,kabel,baterai dan bahan-bahan lainnya seperti solder dan timah solder.karna kami akan membuat Flashing Led(lampu kedip).ini merupakan proyek individu,tapi karna kami berkelompok jadi sekalian aja beli bahan untuk membuat proyek individunya sama-sama.Setelah semua bahannya lengkap kami masih bingung mau mulainya dari mana untung saja penjual bahan-bahan itu mau membantu kami dia meminjami kami contoh lampu kedip miliknya dan kami boleh menirukannya.
Hmm…meskipun udah diperlihatkan contohnya tetep aja ga bisa buatnya..tapi meskipun gak bisa aku pun tetap berusaha mencoba membuatnya sendiri dirumah..akupun mengikuti langkah kerja yang diberikan penjual tadi awalnya ribet banget sampe-sampe berkali-kali aku yang belum pernah pegang solder terkena timah solder yang panas itu.Rasanya perih banget kaya kena setrika😦
Tapi meskipun begitu aku gak menyerah dan tetap melanjutkan mengerjakannya.Aku mulai menyolder resistor-resistor dengan kabel sesuai petunjuk dengan hati-hati,dalam hati aku berkata*jangan sampe kena solder lagi*
Akhirnya setelah semuanya selesai terpasang dengan solder,akupun mulai mencoba menghidupkannya dengan baterai.”kira-kira berhasil nyala gak yach proyek ku”ucapku dalam hati.Ternyata proyekku tidak berhasil menyala padahal aku udah seneng banget menyelesaikannya.Akupun sampe nangis karna proyekku itu gak bisa nyala.dalam pikiranku berkata
“Apa yang salah sich?”
“padahal udah sama persis dengan contohnya”
“kenapa gak bisa nyala?”
Esoknya akupun mendatangi toko elektronik untuk menanyakan kenapa proyek lampu kedip ku gak bisa nyala.Ternyata setelah diteliti ada satu bahan yang terbalik aku pasang min dan plusnya.pantes aja arusnya listriknya ga jalan hehe…:).Akupun memperbaiki lagi proyekku itu dirumah dan akhirnya bisa menyala juga lampunya,rasanya seneng banget😉 .
“Saatnya pengumpulan aja dech kerumah bapak”,ucapku dalam hati hehe…rasanya lega banget udah menyelesaikannya dengan baik apalagi mengerjakannya dengan usaha kita sendiri ^_^.Karna tugas itu sekarang aku jadi bisa membuat lampu kedip sendiri😉
Nah temen-temen itu sedikit cerita aku tentang tugas dikelas X dulu.Dari cerita diatas kita bisa mengambil kesimpulan “sesulit apapun sesuatu tugas yang diberikan bila kita berusaha sungguh-sungguh mengerjakan sesuatu itu dan tidak mudah menyerah maka kita pasti akan menemukan jalan keluarnya,yang akan memberikan hasil seperti apa yang kita inginkan”
Jadi temen-temen jangan mudah menyerah yach ^_^

Tinggalkan Balasan

