“Balon Udara ^_^ “


Balon udara yach,,hmm..kalo dengar nama itu pasti semua orang pengen baget tuch ngerasain naik balon udara untuk menikmati keindahan alam ini.Secara gitu naik Balon udara itu sangat menyenangkan heheh :D
Nah Balon udara panas adalah teknologi penerbangan pertama oleh manusia, ditemukan oleh Montgolfier bersaudara di Annonay, Perancis pada 1783.

Cara balon udara bekerja prinsipnya sangat sederhana yaitu dengan cara memanaskan udara di dalam balon agar lebih panas dari udara di luarnya. Karena kita tahu udara yang lebih panas akan lebih ringan karena masa per unit volumenya lebih sedikit.

Bagian-bagian balon udara :

Balon udara secara garis besarnya mempunyai tiga bagian utama yaitu envelope, burner, dan basket.
*Envelope bentuknya berupa kantong berupa balon tempat udara dipanaskan. Envelope ini biasanya terbuat dari bahan nilon dan diperkuat dengan panel-panel yang di anyam. Karena nilon ini tidak tahan api, maka bagian bawah envelope di lapisi dengan bahan anti api (skirt).
*Burner merupakan alat yang berfungsi untuk memanaskan udara di dalam Envelope. Burner di letakan di atas kepala penumpang dekat ke mulut envelope.
*Basket atau keranjang merupakan tempat penumpang. Basket dibuat dari bahan yang ringan dan lentur.

Cara kerja balon udara yaitu Untuk terbang udara di dalam envelope di panaskan dengan burner dengan temperatur sekitar 100 derajat Celcius. Udara panas ini akan terperangkap di dalam envelope. Karena udara panas ini masa per unit volumenya lebih sedikit membuatnya lebih ringan sehingga balon udara pun akan bergerak naik di dorong oleh udara yang bertekanan lebih kuat.

Untuk mendarat, udara didinginkan dengan cara mengecilkan burner . Udara yang mulai mendingin di dalam envelope membuat balon bergerak turun. Untuk mempercepatnya, pilot akan membuka katup parasut (parachute valve) sehingga udara di dalam envelope lebih cepat dingin.
Jadi karena balon udara hanya dapat bergerak keatas dan kebawah sehingga bila balon udara ingin berpindah dari tempa satu ketempat lainnya maka sang pilot memanfaatkan hembusan angin :D

Jadi balon udara dapat terbang tinggi ke atmosfer tergantung dengan udara panas yang dihasilkan turber dan juga temperatur atmosfer karena dengan udara panas maka volumenya lebih ringan dari udara diluar balon tapi jika temperatur dan udara menjadi dingin maka balon udara akan bergerak turun…

sumber klik disini

About these ads

4 responses to this post.

  1. wahh gambarny sama kayak di blog ku :D

  2. Posted by wennypupita on Maret 3, 2011 at 5:16 am

    haaahha namax juga cri di google gmbarx sma smua,,yg pling rme balon udarax yg ini punk mkax q plih hehe..
    thanks for visit my blog’s :0

  3. Posted by tri yuwant0 on Desember 11, 2012 at 8:23 pm

    burners dan bahan nya ga ada lengkapin y

  4. “balon udara kertas” benda yg pernah saya buat, tapi g bisa muat org.! hanyabisa terbang sampe australi.
    *).he

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: